PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 1
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaatdalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
1. | Mahasiswa dapat memahi pentingnya panggilan pelayanan pastoral | 1. Panggilan untuk pelayanan pastoral 1.1 Pendahuluan 1.1.1 Apa yang
dimaksud
dengan
panggilan 1.1.2 Pandangan
Alkitab
mengenai
panggilan
pelayanan
pastoral 1.1.3 Pelayanan
pastoral -
panggilan
yang
tertinggi. 1.2 Pentingnya
pelayanan
pastoral | 50’ | Ceramah dan diskusi kelompok | Laptop, LCD, White Board | A1 p. 9-16 A3 p. 1,3,4 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 2
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaatdalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
2. | Mahasiswa dapat mengerti tanggung jawab seorang gembala jemaat. | 1.3. Sekilas
tentang
tanggung
jawab Seorang
gembala
jemaat 1.3.1 Pelayanan gembala jemaat terhadap berbagai macam anggota jemaat antara lain orang-orang yang :sakit, berduka, anggota baru, orang yang sudah murtad, yang hendak menikah, masalah keluarga, orang yang bukan Kristen, dll. 1.3.2 Berbagai sumber dari Gereja MAHK untuk pelayanan jemaat | 50’ | Ceramah | Laptop, LCD, White Board | A3 p. 2,3 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 3
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
3 | Mahasiswa dapat menjelaskan beberapa kwalifikasi yang penting untul menjadi seorang gembala jemaat | 1.4 Kwalifikasi seorang gembala Jemaat 1.4.1 Beberapa kwalifikasi gembala Jemaat yang penting 1.4.2 Advis terhadap pelayanan | 100’ | Ceramah dan diskusi | Laptop, White Board | A3 p.5-10 B5 p. 223-249 B6 p. 35-40 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 5
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
4. | Mahasiswa dapat menjelaskan peranan dan fungsi seorang gembala jemaat | 2. Peranan seorang Pendeta 2.1 Pendahuluan 2.2 Fungsi seorang gembala jemaat 2.2.1 Evangelis 2.2.2 Administrator 2.2.3 Organiser 2.2.4 Gembala 2.2.5 Pengkhotbah 2.2.6 Imam 2.2.7 Guru atau Pengajar 2.2.8 Theolog | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A3 p.11-12 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 6
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
5. | Mahasiswa dapat memahi peran seorang gembala jemaat menurut tiga pandangan: tradisional, neo-traditional dan Kontemporary | 2.3 Peranan seorang gembala jemaat menurut pandangan: 2.3.1 Tradisional 2.3.2 Neo-tradisional 2.3.3 Kontemporary 2.4 Survey atas peranan gembala Jemaat: 2.4.1 Terhadap 690 pendeta Protestan di Amerika Serikat 2.4.2 Terhadap 46 pendeta Advent di Sumatera Utara | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A3 p.12-15 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 7
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
6. | Mahasiswa dapat memahami peran gembala jemaat menurut pandangan Ellen G. White | 2.5. Pandangan Ellen G. White terhadap pelayanan pastoral 2.5.1 Tidak menghalangi Pelayanan anggota Jemaat 2.5.2 Memperlengkapi anggota Jemaat 2.5.3 Memenangkan jiwa-jiwa 2.5.4 Berkhotbah | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A1 p.175-189 A3 p.16-18 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 8,
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
7. | Mahasiswa dapat menjelaskan bagaimanakah pribadi seorang gembala jemaat, khususnya dapat memahami perlu kesehatan seorang gembala jemaat | 3. Pendeta sebagai seorang pribadi 3.1 Pendahuluan 3.2 Masalah Kesehatan pendeta | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A2 p. 1-8 A3 p.19-21 | |
8. | Mahasiswa dapat memahami perlunya memiliki standar etika yang tinggi bagi seorang gembala jemaat | 3.3 Etika Pastoral 3.3.1 Etika Pendeta 3.3.2 Bagaimana Memperoleh standar Etika yang tinggi 3.3.3 Akibat dari standar Etika yang tinggi | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A3 p.21-23 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 10.
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
9. | Mahasiswa dapat memahami pentingnya doa dan studi pribadi, serta memelihara kerohanian yang baik dalam menjalankan pelayanan sebagai seorang gembala jemaat | 3.4 Gembala Jemaat: doa Pribadi dan studi 3.5 Berbicara hati ke hati dengan gembala jemaat 3.6 Nasehat sehubungan dengan Kerohanian seorang gembala jemaat | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A1 p .73-82 A3 p.23-28 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 11
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
10. | Mahasiswa dapat memahami bahwa seorang gembala jemaat adalah merupakan under-shepherd (gembala bawahan) | 4. Pendeta sebagai gembala bawahan (under-shepherd) 4.1 Pendahuluan 4.2 Pendeta sebagai gembala Bawahan 4.2.1 Kepemimpinan Jemaat 4.2.2 Efesus 4:8-11 4.3 Perencanaan | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A3 p.29-32 | |
11. | Mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana melakukan pelayanan kepada berbagai macam anggota jemaat (bagian 1) | 4.4 Melayani kepada orang sakit 4.5 Melayaniorangyang lanjut usia | 50’ | Ceramah dan diskusi | Laptop, White Board | A3 p.33-36 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 13
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
12. | Mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana melakukan pelayanan kepada berbagai macam anggota jemaat (bagian 2) | 4.4 Melayani orang yang berduka 4.5 Melayani orang-orang muda 4.6 Melayani orang-orang yang baru dibaptis 4.7 Melayani orang-orang yang murtad | 50’ | Ceramah dan diskusi | Laptop, White Board | A3 p.37-43 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 14, 15
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
13. | Mahasiswa dapat menjelaskan tugas seorang gembala jemaat sebagai guru dan pendidik | 5. Pendeta sebagai guru 5.1 Pendahuluan 5.2 Pentingnya pekerjaan Mengajar 5.3 Pelayanan mengajar dalam Alkitab 5.4 Efesus 4:11 | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A1 p.133-145 A2 p.99-107 A3 p.44-46 | |
14. | Mahasiswa dapat memahami bahwa gereja adalah merupakan pusat pelatihan | 5.5 Gereja sebagai pusat Pelatihan 5.6 Aspek-aspek Praktis | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A1 p.133-145 A2 p.99-107 A3 p.46-48 | |
15. | Mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana mengajar Alkitab | 5.7 Memimpin pelajaran Alkitab | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A1 p.133-145 A2 p.99-107 A3 p.48-50 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 17,18
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
18. | Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai peimpin ibadah (bagian 1) | 6. Pendeta sebagai pemimpin ibadah 6.1 Pendahuluan 6.2 Acara Ibadah | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A2 p.119-126 A3 p.51-52 | |
19. | Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai peimpin ibadah (bagian 2) | 6.3 Pemimpin Ibadah 6.4 Unsur-unsur traditional Dalam ibadah Gereja MAHK | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A2 p.119-126 A3 p.52-59 | |
20. | Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai peimpin ibadah (bagian 3) | 6.5 Mengorganisir acara ibadah 6.6 Hasil dari ibadah yang benar 6.7. Hal-hal yang perlu dalam Mengevaluasi ibadah 6.8 Unsur-unsur dalam doa Pastoral | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A2 p.119-126 A3 p.59-62 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 20.
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
21. | Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai peimpin ibadah (bagian 4) | 6.9 Penggunaan Alkitab dalam Ibadah 6.10 Sermonettee 6.11 Menyambut tamu 6.12 Malam permintaan doa | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A2 p.119-126 A3 p.63-66 | |
22. | Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai peimpin ibadah (bagian 5) | 6.13 Ritual Gereja 6.13.1 Sakramen 6.13.2 Ordinansi 6.13.3 Baptisan 6.13.4 Perjamuan Kudus 6.13.5 Ordinansi Gereja MAHK lainnya: | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A2 p.119-126 A3 p.67-73 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 21
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
23. | Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai seorang evangelis (bagian 1) | 7. Pendeta sebagai seorang evangelis 7.1 Pendahluan 7.2 Evangelis 7.3 Sejarah perkembangan 7.4 Pendeta dan Evangelis | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A2 p.137-144 A3 p.74-79 | |
24. | Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai seorang evangelis (bagian 2) | 7.5 Empat pendekatan penginilan 7.6 Pempimpin dalam Penginjilan awam | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A2 p.137-144 A3 p.79-81 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 23, 24
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
24. | Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai seorang penasehat (bagian 1) | 8. Pendeta sebagai seorang penasehat 8.1 Pendahluan 8.2 Konseling pastoral 8.3 Konseling Kerohanian | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A2 p.89-98 A3 p.82-84 | |
25. | Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai seorang penasehat (bagian 2) | 8.4 Konseling pernikahan 8.4.1 Pentingnya konseling Pernikahan 8.4.2 Konseling pra-nikah 8.4.3 Konseling setelah menikah | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A2 p.89-98 A3 p.85-86 | |
26. | Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai seorang penasehat (bagian 3) | 8.5 Konseling dalam pekerjaan 8.6 Ellen G. White dan konseling | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A2 p.89-98 A3 p.86-88 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 26
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
27 | Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya musik gereja dan bagaimana peranan pendeta dalam Mempersiapkan musik gereja Khususnya saat ibadah berlangsung | 9. Pendeta dan Musik gereja 9.1 Pendahluan 9.2 Pendeta danpentingnya Musik gereja 9.3 Berbagai macam jenis musik | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A3 p.89-90 | |
28. | Mahasiswa dapat menjelaskan kriteria musik yang pantas bagi Gereja MAHK | 9.4 Kriteria bagi musik Gereja MAHK 9.5 Berbagai macam yang dibutuhan bagi musik dalam acara kebaktian | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A3 p.91-92 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 28
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
29. | Mahasiswa dapat memahami pentingnya seorang gembala jemaat mengatur waktu pelayanannya dengan bijaksana | 10. Pendeta dan waktunya 10.1 Pendahluan 10.2 Beberapa masukan untuk berbagai macam program jemaat 10.3 Rencana harian pendeta | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A3 p.93-95 | |
30. | Mahasiswa dapat menjelaskan beberapa tips untuk dapat mengatur waktu dengan baik | 10.4 Tips untuk mengatur waktu | 50’ | Ceramah dan diskusi | Laptop dan White board | A3 p.96 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 30, 31
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
31. | Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya seorang gembala jemaat menaruh perhatian kepada keluarganya (bagian 1) | 11. Pendeta dan keluarganya 11.1 Pendahluan 11.2 Pandangan Alkitab mengenai keluarga pendeta 11.3 Keluarga pendeta Merupakan model | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A1 p.146-159 A2 p.27-44 A3 p.97-98 | |
32 | Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya seorang gembala jemaat menaruh perhatian kepada keluarganya (bagian 2) | 11.4 Keuntungan-keuntungan keluarga pendeta 11.5 Tekanan-tekanan terhadap Keluarga pendeta | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A1 p.146-159 A2 p.27-44 A3 p.98-99 | |
33. | Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya seorang gembala jemaat menaruh perhatian kepada keluarganya (bagian 3) | 11.6 Bebepa nasehat untuk Keluarga pendeta agar Menjadi keluarga bahagia | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A1 p.146-159 A2 p.27-44 A3 p.98-99 | |
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I
Semester/thn:
Pertemuan ke: 33
Kode/bobot : 2 sks
Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
No. | Tujuan Pembelajaran Khusus | Pokok/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu | Pola PBM | Media | Sumber | Penilaian |
34. | Mahasiswa dapat memahami dan pentingnya pengurapan (ordination) bagi seorang gembala jemaat | 12. Pengurapan (Ordination) 12.1 Pendahluan 12.2 Arti pengurapan | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A1 p.38- 52 A3 p.101-103 | |
35. | Mahasiswa dapat menjelaskan kwalifikasi dan prosedur pengurapan pendeta | 12.3 Kwalifikasi untuk Pengurapan 12.4 Prosedur pengurapan | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A1 p.38- 52 A3 p.103-105 | |
36. | Mahasiswa dapat memahami beberapa jenis pelayan jemaat lainnya | 12.5 Pelayanan Khusus 12.6 Kutipan-kutipan Ellen G. White sehubungan dengan tugas pelayanan seorang gembala atau pelayan jemaat | 50’ | Ceramah | Laptop, White Board | A1 p.38- 52 A3 p.105-106 | |