Pelayanan Penggembalaan 1  

Posted by rsagala in

PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 1

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaatdalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.


No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

1.

Mahasiswa dapat memahi pentingnya panggilan pelayanan pastoral

1. Panggilan untuk

pelayanan

pastoral

1.1 Pendahuluan

1.1.1 Apa yang

dimaksud

dengan

panggilan

1.1.2 Pandangan

Alkitab

mengenai

panggilan

pelayanan

pastoral

1.1.3 Pelayanan

pastoral -

panggilan

yang

tertinggi.

1.2 Pentingnya

pelayanan

pastoral

50’

Ceramah dan diskusi kelompok

Laptop, LCD, White Board

A1 p. 9-16

A3 p. 1,3,4



PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 2

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaatdalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

2.

Mahasiswa dapat mengerti tanggung jawab seorang gembala jemaat.

1.3. Sekilas

tentang

tanggung

jawab

Seorang

gembala

jemaat

1.3.1 Pelayanan gembala

jemaat terhadap berbagai

macam anggota jemaat

antara lain orang-orang

yang :sakit, berduka,

anggota baru, orang

yang sudah murtad, yang

hendak menikah, masalah

keluarga, orang yang

bukan Kristen, dll.

1.3.2 Berbagai sumber dari

Gereja MAHK untuk

pelayanan jemaat

50’

Ceramah

Laptop, LCD, White Board

A3 p. 2,3



PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 3 dan 4

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

3

Mahasiswa dapat menjelaskan beberapa kwalifikasi yang penting untul menjadi seorang gembala jemaat

1.4 Kwalifikasi seorang gembala

Jemaat

1.4.1 Beberapa kwalifikasi

gembala Jemaat yang

penting

1.4.2 Advis terhadap pelayanan

100’

Ceramah dan diskusi

Laptop, White Board

A3 p.5-10

B5 p. 223-249

B6 p. 35-40



PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 5

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

4.

Mahasiswa dapat menjelaskan peranan dan fungsi seorang gembala jemaat

2. Peranan seorang Pendeta

2.1 Pendahuluan

2.2 Fungsi seorang gembala jemaat

2.2.1 Evangelis

2.2.2 Administrator

2.2.3 Organiser

2.2.4 Gembala

2.2.5 Pengkhotbah

2.2.6 Imam

2.2.7 Guru atau Pengajar

2.2.8 Theolog

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A3 p.11-12



PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 6

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

5.

Mahasiswa dapat memahi peran seorang gembala jemaat menurut tiga pandangan: tradisional, neo-traditional dan Kontemporary

2.3 Peranan seorang gembala

jemaat menurut pandangan:

2.3.1 Tradisional

2.3.2 Neo-tradisional

2.3.3 Kontemporary

2.4 Survey atas peranan gembala

Jemaat:

2.4.1 Terhadap 690 pendeta

Protestan di Amerika

Serikat

2.4.2 Terhadap 46 pendeta

Advent di Sumatera

Utara

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A3 p.12-15



PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 7

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

6.

Mahasiswa dapat memahami peran gembala jemaat menurut pandangan Ellen G. White

2.5. Pandangan Ellen G. White

terhadap pelayanan pastoral

2.5.1 Tidak menghalangi

Pelayanan anggota

Jemaat

2.5.2 Memperlengkapi anggota

Jemaat

2.5.3 Memenangkan jiwa-jiwa

2.5.4 Berkhotbah

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A1 p.175-189

A3 p.16-18



PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 8, dan 9.

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

7.

Mahasiswa dapat menjelaskan bagaimanakah pribadi seorang gembala jemaat, khususnya dapat memahami perlu kesehatan seorang gembala jemaat

3. Pendeta sebagai seorang pribadi

3.1 Pendahuluan

3.2 Masalah Kesehatan pendeta

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A2 p. 1-8

A3 p.19-21


8.

Mahasiswa dapat memahami perlunya memiliki standar etika yang tinggi bagi seorang gembala jemaat

3.3 Etika Pastoral

3.3.1 Etika Pendeta

3.3.2 Bagaimana

Memperoleh standar

Etika yang tinggi

3.3.3 Akibat dari standar

Etika yang tinggi

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A3 p.21-23



PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 10.

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

9.

Mahasiswa dapat memahami pentingnya doa dan studi pribadi, serta memelihara kerohanian yang baik dalam menjalankan pelayanan sebagai seorang gembala jemaat

3.4 Gembala Jemaat: doa

Pribadi dan studi

3.5 Berbicara hati ke hati

dengan gembala jemaat

3.6 Nasehat sehubungan dengan

Kerohanian seorang

gembala jemaat

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A1 p .73-82

A3 p.23-28



PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 11 dan 12

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

10.

Mahasiswa dapat memahami bahwa seorang gembala jemaat adalah merupakan under-shepherd (gembala bawahan)

4. Pendeta sebagai gembala

bawahan (under-shepherd)

4.1 Pendahuluan

4.2 Pendeta sebagai gembala

Bawahan

4.2.1 Kepemimpinan Jemaat

4.2.2 Efesus 4:8-11

4.3 Perencanaan

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A3 p.29-32



11.

Mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana melakukan pelayanan kepada berbagai macam anggota jemaat (bagian 1)

4.4 Melayani kepada orang sakit

4.5 Melayaniorangyang lanjut

usia

50’

Ceramah dan diskusi

Laptop, White Board

A3 p.33-36



PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 13

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

12.

Mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana melakukan pelayanan kepada berbagai macam anggota jemaat (bagian 2)

4.4 Melayani orang yang

berduka

4.5 Melayani orang-orang muda

4.6 Melayani orang-orang yang

baru dibaptis

4.7 Melayani orang-orang yang

murtad

50’

Ceramah dan diskusi

Laptop, White Board

A3 p.37-43





PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 14, 15 dan 16

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

13.

Mahasiswa dapat menjelaskan tugas seorang gembala jemaat sebagai guru dan pendidik

5. Pendeta sebagai guru

5.1 Pendahuluan

5.2 Pentingnya pekerjaan

Mengajar

5.3 Pelayanan mengajar dalam

Alkitab

5.4 Efesus 4:11

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A1 p.133-145

A2 p.99-107

A3 p.44-46


14.

Mahasiswa dapat memahami bahwa gereja adalah merupakan pusat pelatihan

5.5 Gereja sebagai pusat

Pelatihan

5.6 Aspek-aspek Praktis

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A1 p.133-145

A2 p.99-107

A3 p.46-48


15.

Mahasiswa dapat menjelaskan bagaimana mengajar Alkitab

5.7 Memimpin pelajaran Alkitab

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A1 p.133-145

A2 p.99-107

A3 p.48-50


PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 17,18 dan 19.

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

18.

Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai peimpin ibadah

(bagian 1)

6. Pendeta sebagai pemimpin

ibadah

6.1 Pendahuluan

6.2 Acara Ibadah

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A2 p.119-126

A3 p.51-52


19.

Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai peimpin ibadah

(bagian 2)

6.3 Pemimpin Ibadah

6.4 Unsur-unsur traditional

Dalam ibadah Gereja

MAHK

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A2 p.119-126

A3 p.52-59


20.

Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai peimpin ibadah

(bagian 3)

6.5 Mengorganisir acara ibadah

6.6 Hasil dari ibadah yang benar

6.7. Hal-hal yang perlu dalam

Mengevaluasi ibadah

6.8 Unsur-unsur dalam doa

Pastoral

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A2 p.119-126

A3 p.59-62



PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 20.

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

21.

Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai peimpin ibadah

(bagian 4)

6.9 Penggunaan Alkitab dalam

Ibadah

6.10 Sermonettee

6.11 Menyambut tamu

6.12 Malam permintaan doa

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A2 p.119-126

A3 p.63-66


22.

Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai peimpin ibadah

(bagian 5)

6.13 Ritual Gereja

6.13.1 Sakramen

6.13.2 Ordinansi

6.13.3 Baptisan

6.13.4 Perjamuan Kudus

6.13.5 Ordinansi Gereja

MAHK lainnya:

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A2 p.119-126

A3 p.67-73


PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 21 dan 22

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

23.

Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai seorang evangelis

(bagian 1)

7. Pendeta sebagai seorang

evangelis

7.1 Pendahluan

7.2 Evangelis

7.3 Sejarah perkembangan

7.4 Pendeta dan Evangelis

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A2 p.137-144

A3 p.74-79


24.

Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai seorang evangelis

(bagian 2)

7.5 Empat pendekatan

penginilan

7.6 Pempimpin dalam

Penginjilan awam

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A2 p.137-144

A3 p.79-81



PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 23, 24 dan 25

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

24.

Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai seorang penasehat

(bagian 1)

8. Pendeta sebagai seorang

penasehat

8.1 Pendahluan

8.2 Konseling pastoral

8.3 Konseling Kerohanian

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A2 p.89-98

A3 p.82-84


25.

Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai seorang penasehat

(bagian 2)

8.4 Konseling pernikahan

8.4.1 Pentingnya konseling

Pernikahan

8.4.2 Konseling pra-nikah

8.4.3 Konseling setelah

menikah

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A2 p.89-98

A3 p.85-86


26.

Mahasiswa dapat menjelaskan peran dan tugas seorang gembala jemaat sebagai seorang penasehat

(bagian 3)

8.5 Konseling dalam pekerjaan

8.6 Ellen G. White dan konseling

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A2 p.89-98

A3 p.86-88


PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 26 dan 27

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

27

Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya musik gereja dan bagaimana peranan pendeta dalam

Mempersiapkan musik gereja

Khususnya saat ibadah berlangsung

9. Pendeta dan Musik gereja

9.1 Pendahluan

9.2 Pendeta danpentingnya

Musik gereja

9.3 Berbagai macam jenis musik

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A3 p.89-90


28.

Mahasiswa dapat menjelaskan kriteria musik yang pantas bagi Gereja MAHK

9.4 Kriteria bagi musik Gereja

MAHK

9.5 Berbagai macam yang

dibutuhan bagi musik dalam

acara kebaktian

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A3 p.91-92



PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 28 dan 29

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

29.

Mahasiswa dapat memahami pentingnya seorang gembala jemaat mengatur waktu pelayanannya dengan bijaksana

10. Pendeta dan waktunya

10.1 Pendahluan

10.2 Beberapa masukan untuk

berbagai macam program

jemaat

10.3 Rencana harian pendeta

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A3 p.93-95


30.

Mahasiswa dapat menjelaskan beberapa tips untuk dapat mengatur waktu dengan baik

10.4 Tips untuk mengatur

waktu

50’

Ceramah dan diskusi

Laptop dan White board

A3 p.96



PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 30, 31 dan 32

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

31.

Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya seorang gembala jemaat menaruh perhatian kepada keluarganya (bagian 1)

11. Pendeta dan keluarganya

11.1 Pendahluan

11.2 Pandangan Alkitab

mengenai keluarga

pendeta

11.3 Keluarga pendeta

Merupakan model

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A1 p.146-159

A2 p.27-44

A3 p.97-98


32

Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya seorang gembala jemaat menaruh perhatian kepada keluarganya (bagian 2)

11.4 Keuntungan-keuntungan

keluarga pendeta

11.5 Tekanan-tekanan terhadap

Keluarga pendeta

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A1 p.146-159

A2 p.27-44

A3 p.98-99


33.

Mahasiswa dapat menjelaskan pentingnya seorang gembala jemaat menaruh perhatian kepada keluarganya (bagian 3)

11.6 Bebepa nasehat untuk

Keluarga pendeta agar

Menjadi keluarga

bahagia

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A1 p.146-159

A2 p.27-44

A3 p.98-99


PROGRAM STUDI : TEOLOGI

FAKULTAS : TEOLOGI

SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA - PEMATANGSIANTAR

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

MATA KULIAH : PELAYANAN POSTORAL I

Semester/thn: III/2. Kelompok mtkl : MKB 214

Pertemuan ke: 33

Kode/bobot : 2 sks

Tujuan Perkuliahan Umum: Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat

Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.

No.

Tujuan Pembelajaran Khusus

Pokok/Sub. Pokok Bahasan

Alokasi Waktu

Pola PBM

Media

Sumber

Penilaian

34.

Mahasiswa dapat memahami dan pentingnya pengurapan (ordination) bagi seorang gembala jemaat

12. Pengurapan (Ordination)

12.1 Pendahluan

12.2 Arti pengurapan

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A1 p.38- 52

A3 p.101-103


35.

Mahasiswa dapat menjelaskan kwalifikasi dan prosedur pengurapan pendeta

12.3 Kwalifikasi untuk

Pengurapan

12.4 Prosedur pengurapan

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A1 p.38- 52

A3 p.103-105


36.

Mahasiswa dapat memahami beberapa jenis pelayan jemaat lainnya

12.5 Pelayanan Khusus

12.6 Kutipan-kutipan Ellen G.

White sehubungan dengan

tugas pelayanan seorang

gembala atau pelayan

jemaat

50’

Ceramah

Laptop, White Board

A1 p.38- 52

A3 p.105-106


This entry was posted on Minggu, 03 Agustus 2008 at 01.30 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar