Lampiran Borang Akreditasi
Bundel 3
SILABI DAN
FAKULTAS TEOLOGI
Sekolah Tinggi Filsafat Theologia Surya Nusantara
2008
Jln. Rakutta Sembiring, P.O. Box 106 Pematangsiantar
Telp. (0622) 23473
e-mail: stftsn@gmail.com
PROGRAM STUDI : TEOLOGI
FAKULTAS : TEOLOGI
SEKOLAH TINGGI FILSAFAT THEOLOGIA SURYA NUSANTARA
PEMATANGSIANTAR
--------- -----------------------------------------------------------------------------------------------
SILABI
Mata Kuliah : PELAYANAN PENGGEMBALAAN I
Kode/bobot : MKB 214/2
Semester : GASAL
1. Tujuan Kurikuler :
Menyediakan mahasiswa menjadi pelayan yang efektif di dalam memimpin jemaat dalam acara-acara kebaktian di gereja. Menuntun mahasiswa agar memahami pentingnya tanggung jawab dan keahlian seorang pelayan jemaat
Dalam mengatur, memimpin/menjalankan pacara penguburan, pernikahan, penyerahan anak/bayi, perjamuan kudus, baptisan, termasuk juga tugas-tugas administratif, memimpin majelis jemaat dan tugas pelayanan pastoral lainnya.
2. Tujuan Pembelajaran Umum:
No. | Tujuan Pembelajaran Umum | Pokok Bahasan/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu |
1. | Agar mahasiswa mengerti mengenai panggilan kepada pelayanan pastoral, tanggung jawab sebagai seorang gembala jemaat, dan kwalifikasi menjadi seorang gembala jemaat | 1. Pentingnya pelayanan pastoral 2. Sekilas tentang tanggung jawab seorang Gembala jemaat 3. Panggilan kepada pelayanan jemaat 4. Kwalifikasi seorang gembala jemaat 5. Advis tentang pelayanan | 4x50’ |
2. | Agar mahasiswa mengetahui peranan dan fungsi dari seorang gembala jemaat | 1. Fungsi seorang gembala jemaat 2. Pandangan mengenai peraan seorang gembala jemaat: tradisional, neo- traditional dan kontemporari 3. Survey atas gembala jemaat Protestan di Amerika dan gembala jemaat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh (MAHK) di Daerah Sumatera Utara 4. Pandangan Ellen G. White tentang pelayanan penggembalaan | 3x50’ |
3. | Agar mahasiswa dapat memahami siapa gembala jemaat itu sebagai seorang pribadi | 1. Gembala jemaat dan masalah kesehatan pribadinya 2. Gembala jemaat dan penampilannya 3. Etika Pastoral 4. Gembala jemaat: doa pribadi dan Studinya 5. Berbicara hati ke hati dengan gembala Jemaat 6. Nasehat sehubungan dengan kerohanian Seorang gembala jemaat | 3x50” |
4. | Agar mahasiswa mengetahui bahwa seorang gembala jemaat adalah merupakan under-shepherd serta mengerti bagaimana mengadakan pelayanan kepada berbagai macam tipe anggota | 1. Rencana dari seorang under-shepherd 2. Melayani kepada: a. orang sakit b. orang yang sudah lanjut usia c. orang yang terkurung d. orang yang berduka | 3x50’ |
No. | Tujuan Pembelajaran Umum | Pokok Bahasan/Sub. Pokok Bahasan | Alokasi Waktu |
| jemaat yang akan dilayaninya kelak | e. orang muda f. orang yang baru dibaptis g. orang yang murtad | |
5. | Agar mahasiswa memahami bahwa sebagai seorang gembala jemaat mereka adalah juga bertindak sebagai seorang guru atau pendidik | 1. Pentingnya mengajar dalam pekerjaan Pastoral 2. Pelayanan mengajar dalam Alkitab 3. Dual-term yang terdapat dalam Efesus 4:11 4. Gereja sebagai pusat untuk mengajar 5. Aspek-aspek praktis 6. Bagaimana mengajar Alkitab | 3x50’ |
6. | Agar mahasiswa mengerti bahwa seorang gembala jemaat adalah merupakan seorang pemimpin ibadah | 1. Ibadah 2. Allah menyatakan diri-Nya dalam ibadah 3. Pemimpin Ibadah 4. Unsur-unsur tradisional dalam ibadah Gereja MAHK 5. Mengorganisir acara kebaktian 6. Hal yang dihasilkan oleh kebaktian atau Ibadah yang benar 7. Mengevaluasi Kebaktian 8. Unsur-unsur dari doa pastoral 9. Penggunaan Alkitab dalam ibadah 10.Sermonette 11.Menyemabut tamu 12. Malam permintaan doa 13. Ritual gereja | 4x50’ |
7. | Agar mahasiswa memahami bahwa sebagai seorang gembala jemaat mereka juga adalah seorang evangelis | 1. Evangelis 2. Sejarah perkembangan 3. Gembala jemaat dan Evangelis 4. Empat cara pendekatan Evangelis 5. Kepemimpinan dalam Penginjilan Awam | 2x50’ |
8. | Agar mahasiswa mengetahui salah satu pekerjaan seorang gembala jemaat yang penting adalah sebagai seorang penasehat | 1. Konseling pastoral 2. Konseling kerohanian 3. Gembala jemaat sebagai konselor dalam Pekerjaan vokasional 4. Ellen G. White dan Konseling | 3x50, |
9. | Agar mahasiswa mengerti mengenai pentingnya musik gereja | 1. Pendeta dan musik gereja 2. Jenis-jenis musik 3. Kriteria musik gereja MAHK 4. Berbagai macam kebutuhan musik dalam ibadah | 2x50’ |
10. | Agar mahasiswa mengerti bagaimana menggunakan waktu dalam pelayanan | 1. Masukan-masukan untuk berbagai Program gembala jemaat 2. Rencana harian 3. Tips untuk dapat menggunakan waktu dengan baik | 3x50’ |
11. | Agar mahasiswa mengetahui bahwa sebagai seorang pelayan atau gembala jemaat, para pendeta juga perlu untuk memperhatikan rumah tangganya sendiri | 1. Pandangan Alkitab tentang keluarga Pendeta 2. Keluarga pendeta sebagai model 3. Tekanan-tekanan dalam keluarga Pendeta 4. Beberapa nasehat bagi keluarga pendeta Bahagia | 3x50’ |
12. | Agar mahasiswa mengerti bahwa pengurapan (ordinasi) adalah merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pendeta. | 1. Perlunya pengurapan (ordinasi) 2. Kwalifikasi untuk mendapatkan pengurapan 3. Prosedur pengurapan dan pelayan khusu | 3x50’ |
3. PENILAIAN : UJIAN HARIAN 20%
TUGAS 10%
MID SEMESTER 30%
FINAL TEST 40%
4. DAFTAR PUSTAKA
A) Wajib (buku ajar)
1. Fowler, John. Adventist Pastoral Ministry.
1990.
2. Holm, C. Raymond S. The Adventist Minister.
3. Sagala, Rudolf W. Pastoral Ministry I: Syllabus. Pematangsiantar:
STFT Surya Nusantara, 2005.
B) Pendukung
1. Adam, Jay E. Shepherding Go’s Flock: A Handbook on Pastoral
Ministry, Counseling, and Leadership.
Zondervan, 1975.
2. Martin, Carlos G. Adventist Pastoral Ministry: Classnotes for
Adventist Pastoral Ministry. Silang,
Publications, 1997.
3. Rhodes, John. Success Secrets for Pastors.
The Ministerial Association, n.d.
4. Viertel, E. Welden. Pastoral Leadership.
Church Strengthening Ministry, 1992.
5. White, E. G. Christian Service.
Department of the General Conference of Seventh-day
Adventists, 1947.
6. ________. Pastoral Ministry.
Conference of Seventh-day Adventists, 1955
Pengajar,
Rudolf Weindra Sagala, MPTh, DMin