Orang Kristen Yang Seimbang  

Posted by rsagala in

I. PENDAHULUAN:

PENTINGNYA KESEIMBANGAN: Tahukah saudara bahwa rata-rata setiap 10 menit di Amerika hampir 200 orang secara tiba-tiba mengalami kelumpuhan, hal ini adalah merupakan jumlah yang sangat besar. Dan apakah saudara tahu apa yang menjadi penyebab kelumpuhan itu? Kelumpuhan itu terjadi bukan oleh karena kecelakaan yang diakibatkan oleh sarana pengangkutan, bukan pula terjadi oleh karena orang-orang yang membawa kenderaan keluar dari jalur jalan yang sebenarnya.

Saudara, menurut The Universal Almanac, edisi 1990, pada bagian Kesehatan dan Obat-obat Kedokteran, dalam judul "Kecelakaan" halaman 226-227 bahwa, rumah dua kali lipat lebih berbahaya, dari sarana pengangkutan yang menyebabkan kecelakaan di jalan-jalan raya.

Menurut The Universal Almanac, edisi 1990, " halaman 226-227 itu, penjahat yang besar di rumah kita yang menyebakan ”kelumpuhan” atau kecelakaan bukanlah gergaji mesin, bukan pula mesin pemotong rumput. Penyebab bahaya yang paling buruk di dalam rumah adalah ... tangga rumah, cara kita melangkah. Orang-Orang yang hilang keseimbangannya akan jatuh dan akhirnya mereka akan menjadi lumpuh.

Kurangnya keseimbangan sifatnya sangat kritis. Dan kurangnya keseimbangan dalam hal rohani lebih super-kritis lagi. Jika kita dicemaskan oleh tangga rumah yang ada di rumah, maka kita seharusnya akan merasa lebih cemas lagi terhadap kehidupan kerohanian kita, atau paling tidak kita harus berusaha untuk menjaga keseimbangan kerohanian kita. Janganlah sampai kehilangan keseimbangan kerohanian. Saudara pembaca, kita akan dapat kehilangan keseimbangan kerohanian kita jika kita berhenti memandang kepada Yesus. Dan apabila hal ini terjadi, maka pada saat itu juga. kita akan mulai jatuh.

Mari kita membuka Alkitab kita dalam Amsal Solaiman 4: 25--27:

Ayat 25 - Biarlah matamu memandang terus ke depan, dan tatapan matamu tetap ke muka.
Ayat 26 - Tempuhlah jalan yang rata, dan hendaklah tetap segala jalanmu.
Ayat 27 - Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, jauhkanlah kaki mu dari kejahatan

Ayat ini adalah merupakan suatu nasihat yang baik dan kita harus tetap berada pada pusat nasehat itu. Jangan menjauh dari inti kebenaran yang ada di dalamnya. Sebab jurang atau bahaya selalu siap sedia menunggu di sebelah menyebelah jalan, untuk menelan orang-orang Kristen dalam perjalanan mereka menuju ke surga.

II. ISI:

Saya ingin masing-masing kita memperhatikan beberapa amaran dalam tulisan ini, karena saya sangat merasa yakin bahwa kita sedang berada pada hari-hari terakhir sejarah dunia ini. Saya sangat yakin bahwa Tuhan akan segera datang. Mari kita perhatikan beberapa Amaran Alkitab pada hari-hari terakhir pada zaman kita ini:


1. HATI-HATI TERHADAP ADANYA PENIPUAN
Dalam Matius 24:24 "Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga."
Yesus memperingatkan kita bahwa pada hari-hari terakhir hanya beberapa saat sebelum kedatangan Yesus akan ada penipuan besar. Penipuan ini akan sangat berkuasa sehingga jika mungkin bahkan orang-orang pilihan Allah juga akan ditipu.
Jadi pada hari-hari terakhir akan ada penipuan yang besar.

2. HINDARI SIFAT FANATISME

Pemikiran terhadap adanya penipuan menjelang kedatangan Yesus, diperbesar dalam buku Roh Nubuat Selected Messegas, Vol 2 hal 16, Ellen White berkata "FANATISME akan muncul di tengah-tengah kita. Penipuan akan datang, dan ....jika mungkin mereka akan menyesatkan umat-umat pilihan." Saudara, pernyataan Ellen White dalam tulisan Roh Nubuat ini hampir persis sama kata demi kata dengan apa yang terdapat di dalam Matius 24:24. Kecuali, dalam tulisan Roh Nubuat ini ditambahkan satu kata yaitu "Fanatisme."

Fanatisme! telah ada sejak dari awal pergerakan gereja Advent, dan hal itu akan ada lagi pada bagian akhir sejarah gereja Advent. Baru saja setelah kekecewaan yang besar yang terjadi pada 22 October tahun 1844 ada lebih 40 wilayah di Amerika Serikat di mana para pemimpin gereja Advent yang mula-mula itu harus berhadapan dengan sikap fanatisme. Ellen G. White menulis, "Kepada saya telah diberitahukan bahwa FANATISME .... akan muncul kembali di antara kita pada saat penutupan pekabaran itu. (Selected Messages, Vol 1, halaman 221)

Pada awal-awal sejarah gereja Advent, fanatisme telah ada dan hal itu tetap ada bahkan akan muncul lagi. Yesus juga berkata dalam Matius 24, orang-orang akan ditipu, bahkan jika mungkin juga orang-orang pilihan akan ditipu, dan saya yakin bahwa yang paling menipu adalah sikap "fanatisme"

Apakah saudara seorang yang fanatik? Pernahkah saudara bertemu dengan seorang yang fanatik? Cobalah pikirkan mengenai seseorang yang saudara anggap merupakan seorang yang fanatik. Dapatkah saudara bayangkan paling sedikit satu orang yang fanatik? Saya yakin kita dapat membayangkan sedikitnya seorang yang fanatik. Perhatikan, apakah mereka itu seimbang? Apakah mereka berada di dalam Yesus? Atau apakah mereka itu keluar dari jalur yang benar dan berada di jalur yang salah? Apakah saudara tahu siapa orang fanatik itu? Seorang fanatik umumnya ialah bagaikan seorang yang membawa suatu” chip raksasa” yang berat diatas bahunya, yang menyebabkan dia hilang keseimbangan dan jatuh. Seorang fanatik adalah seseorang yang tidak bisa berubah pendapatnya dan ia akan tetap pada pandangannya.

Saya benar-benar yakin bahwa orang-orang Kristen seharusnya tidak berjalan di posisi kiri atau di posisi kanan. Kedua-duanya hal ini adalah ekstrim dan salah. Kitab Ulangan 5 adalah merupakan daftar Sepuluh Hukum Allah. Dan setelah catatan mengenai Sepuluh Hukum Allah itu diberikan, saudara kemudian dapat membaca peringatan Tuhan, petunjuk Tuhan! Tuhan berkata dalam Ulangan 5: 32: " Maka lakukanlah semuanya itu dengan setia, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu. Janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri. Ia memperingatkan kita untuk tetap tinggal pada pertengahan. Satu-Satunya cara untuk tetap berada pada tengah-tengah garis keselamatan, ialah tinggal di dalam Yesus. Yesus Kristus adalah pusat dari pekabaran kita. Yesus adalah JALAN, KEBENARAN, dan HIDUP. Janganlah berusaha untuk ke luar baik ke kiri ataupun ke kanan.

Izinkanlah saya untuk menceritakan suatu pengalaman yang benar-benar terjadi. Seorang Pendeta Advent suatu kali membaptiskan seorang ibu, nampaknya ibu ini sangat ingin untuk mengikuti apa yang Tuhan inginkan. Dia membaca nasehat dari buku Petunjuk Diet dan Makanan Anda. Dia dan suaminya sebelum dibaptiskan, telah memakan daging sepanjang hidup mereka. Kemudian setelah dibaptis dia menolak untuk memasak segala jenis daging. Dia mulai menghindari penggunaan susu, telor dan keju. Suatu kali dia mengambil kampak dan kemudian merusak TVnya! Kemudian dia mulai memakai pakaian-pakaian yang gelap. Dia mempertahankan hidupnya hanya dengan menggunakan tumbuh-tumbuhan dan bumbu-bumbu atau herbs. Suatu kali pendeta yang membaptiskannya pergi ke rumahnya dan Pendeta itu melihat bahwa di dapurnya sedikitnya pendeta itu menemukan 50 atau 60 botol berbagai macam tumbuh-tumbuhan dan bumbu, mineral yang berbeda , vitamins, yang dia gunakan untuk kesehatannya.

Beberapa orang anggota gereja berbicara dengannya. Tenang! Jangan bersikap fanatik. Hal yang berikutnya yang dilakukannya ialah membaca semua ke sembilan (9) volume buku Testimonies for the Church sampai tuntas. Dia melakukan sedikit hal lainnya, serta membaca dan mendengarkan kaset. Setelah beberapa bulan kemudian diapun akhirnya jatuh sakit. Dia menjadi pucat dan kemudian menderita anemia. Kemudian Suaminya meninggalkannya. Akhirnya diapun tidak lagi datang ke gereja, karena dia merasa terlalu banyak dosa di dalam gereja. Diapun kemudian menjadi tukang kritik dan saat ini ibu itu sudah murtad. Saudara, dimanakah letak kesalahan ibu itu? Dia menjadi seorang yang fanatik. Dia membelok dari jalur yang membawa dia kepada hidup. Dia meninggalkan pusat pekabaran itu. Seorang fanatik adalah seseorang yang berusaha untuk menggandakan usahanya setelah ia tidak dapat melihat tujuan yang sebenarnya.

Kisah 19:32 "Sementara itu orang yang berkumpul di dalam gedung itu berteriak-teriak; yang seorang mengatakan ini dan yang lain mengatakan itu, sebab kumpulan itu kacau balau dan kebanyakan dari mereka tidak tahu untuk apa mereka berkumpul." Seorang yang fanatik melupakan inti dari pekabaran itu.

Saudara pembaca yang terkasih, kita harus tetap berpegang kepada inti atau pusat atau jantung dari pekabaran itu dan tidak keluar kepada hal-hal yang lainnya. Pusat, jantung dan inti dari pekabaran kita adalah YESUS KRISTUS.

Saudara, saya akan coba menggambarkan:

Ada tiga pilihan kita sehubungan dengan kesehatan:

Pertama, Lupakan kesehatan. Makan semua yang saudara inginkan. Jangan olah raga. Merokok, dan minum-minum. Mati.

Kedua, Jadilah seorang yang fanatik dalam kesehatan. Mengkonsumsi hanya pil yang alami. PIL Alami??? Apakah yang saudara maksud dengan pil alami? Pada saat saudara jalan pagi apakah saudara melihat ada pil alami yang tumbuh di sepanjang jalan yang saudara lalui? Apakah ada "Pohon Pil" yang tumbuh dan berkembang di pekaranganmu?

Ketiga, Makanlah secukupnya makanan yang baik dan secara total tidak menggunakan dan mengkonsumsi semua yang berbahaya. Berolah raga, tidur dengan baik, dan percaya kepada Yesus.

Matius 7:13 "Masuklah melalui pintu yang sesak itu, karena lebarlah pintu dan luaslah jalan yang menuju kepada kebinasaan, dan banyak orang yang masuk melaluinya. Ayat 14 "karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikit orang yang mendapatinya."

Sangat kasihan bahwa semakin banyak saja orang yang tidak dapat melewati jalan yang lurus dan yang sempit itu tanpa menjadi BERPANDANGAN PICIK Dan kaku! Bahwa mereka sering kali menjadi fanatik. Seorang fanatik berpegang teguh kepada senapangnya bahkan ketika senapang itu tidak memiliki peluru. Orang fanatik ialah tipe orang dengan satu gagasan saja, Orang seperti itu adalah orang yang menjadikan manusia sebagai tema dan mereka sudah melupakan bahwa tema yang sesungguhnya adalah Yesus Kristus.

Orang-orang "gagasan tunggal" ini adalah orang-orang yang mempunyai satu tema favorit, mereka berkonsentrasi hanya bagaimana caranya mereka dapat memperkembang pikiran-pikiran mereka yang sudah tidak seimbang." Mereka itu bagaikan mesin di mana hanya satu pasang roda saja yang bekerja pada waktu yang sama. Sementara roda yang lainnya berkarat oleh karena tidak bergerak, yang lainnya sedang memakai dari penggunaan tetap." 3T35
Contoh dari ketidak seimbangan lainnya: mengenai TV --- penggunaan TV yang tidak terkendalikan lebih buruk bila dibandingkan dengan seekor ular berbisa yang dilepaskan pada permadani kamar tamu di rumahmu.

Jika saudara adalah tipe orang yang berhaluan “kanan,” saudara akan mengambil kampak untuk menghancurkan TV itu. Jika saudara adalah seorang yang beraliran “kiri,” maka saudara akan pergi ke toko TV kemudian membeli parabola, mendaftar untuk mendapatkan siaran “indovision,” dan kemudian saudara akan duduk dan menonton MTV, mengamati HBO, dan akhirnya saudara akan menonton DOSA. Pertanyaan, Apakah ada posisi pertengahan? Jawabnya, Ya.

Posisi pertengahan ialah dengan cara mengadakan pengendalian yang baik terhadap acara-acara TV. Pengendalian terhadap TV dapat memberikan suatu hal yang positif dalam bidang AGAMA, PENDIDIKAN, DAN KESEHATAN. Saudara, ada berapa banyak orang yang menyaksikan acara Net 98 melalui TV?

Ada acara-acara yang baik seperti Discovery Channel, History Channel, 3 ABN, Hope TV, berita, dan acara-acara lainnya.

Saudara pembaca, Kita sedang hidup pada saat-saat terakhir sejarah dunia. Sudah waktunya bagi orang-orang yang benar-benar, umat Tuhan untuk memperhatikan jalan yang sedang mereka tempuh. Alkitab adalah sebagai Peta perjalanan kita. Apakah saudara sedang berada pada jalan yang memimpin kepada kehidupan? Apakah jalan saudara lurus atau jalan yang sempit. Periksalah peta itu.

Saudara, setelah Tuhan memberikan hukum-hukumNya, di dalam Yoshua 1: 7 Tuhan berpesan: "Hanya kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hambaKu Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung kemanapun engkau pergi." Ayat 8 "Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Torat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung." ALKITAB ini adalah merupakan kunci ke sukses.

Pada saat-saat terakhir seperti sekarang ini orang-orang sedang hidup naik turun. Tuhan berkata jika saudara ingin sukses saudara harus menjadi seorang Kristen yang seimbang. Jangan berjalan menyimpang atau menjauh dari firman Allah atau saudara akan jatuh dan mengalami keruntuhan (kehancuran) rohani.

Hindarilah segala sesuatu yang berbau EKSTRIM! Misalnya dalam hal bekerja, hindari untuk menjadi orang yang gila kerja yang biasa dikenal dengan istilah work-a-holic- atau- sebaliknya menjadi orang yang malas dan tidak mau bekerja. Dalam soal berpakaian, hindari sikap ekstrim seperti memakai pakaian yang pendek, ketat (modesty) atau sebaliknya OVERMODESTY yakni berusaha untuk memakai pakaian serba tertutup, menggunakan sarung tangan, dan memakai gaun yang berusaha untuk menutupi seluruh bagian tubuh mulai dari kaki hingga kepala.

EKSTRIM dalam penggunaan air!---- Seseorang telah meninggal dunia oleh karena terlalu banyak minum air-- 3 galon setiap hari! Sementara ada orang yang berusaha hanya menghisap air, menyaringnya, mensterilkannya, dan hampir di keringkan sampai hanya sedikit sekali menggunakan air bahkan tidak menggunakannya sama sekali
Saudara pembaca, ada juga ditemukan EKSTRIM di dalam GEREJA, misalnya,

Pertama, Acara kebaktian yang sifatnya perayaan atau lebih dikenal dengan istilah "Celebration," dimana di dalam gereja ditemukan drum, canang, dan amplifier dan terompet, gitar, keyboard, dll persis seperti band. Dimana orang-orang akan menari dengan mengangkat tangan mereka keatas, bagaikan orang-orang yang sedang latihan aerobics. Kemudian ada seorang pendeta yang lebih menyerupai seorang pelawak atau pembawa acara akan melayani dalam acara kebaktian dan kemudian dia membawa jemaat yang hadir bergembira, dan dengan baik dia berhasil membawa drama dan leluconnya di gereja.

Kedua, Acara kebaktian gereja yang mirip dengan ruangan pemakaman atau lebih dikenal dengan istilah ”FUNERAL PARLOR” church. Pada acara kebaktian di gereja model ini semua orang harus berusaha untuk tepat waktu, semua orang bagaikan seorang Farisi yang legalis, duduk dengan rapi sesuai dengan aturan, dan setiap anak berusaha untuk ditutupi mulutnya untuk menghindari ketidaksopanan. Suatu kebaktian yang sangat dingin, kaku dan sangat membosankan.

Amaran bagi kita yang hidup di akhir zaman ini, ialah bahwa Surga akan diisi oleh orang-orang seimbang, bukan orang-orang yang fanatik. "Ketika akhir semakin dekat, musuh akan bekerja dengan seluruh tenaganya untuk membawa masuk FANATISME di antara kita." Gospel Workers, halaman 316.

III. KESIMPULAN:

Saudara, mudah sekali bagi kita untuk menjadi orang Kristen yang tidak seimbang, tetapi apakah saudara tahu apa akibatnya? Apakah saudara pernah mengemudi sepanjang jalan raya dengan satu ban yang tidak seimbang? Sedikit saja terjadi ketidak seimbangan pada ban mobil saudara, maka hal itu akan dapat mengakibatkan kecelakaan. Ratusan ribu bahkan jutaan rupiah dikeluarkan oleh orang-orang setiap harinya hanya untuk menjaga agar ban mobil mereka dalam keadaan yang seimbang.

Marilah kita tetap berusaha untuk menjaga keseimbangan kita. Serahkanlah hatimu kepada Yesus, maka keseimbanganpun akan terjadi di dalam hidup saudara. Tetaplah tinggal di dalam inti atau pusat dari pekabaran itu. Lebih jauh saudara ke luar dari pusat pekabaran itu maka lebih mudah pulalah saudara menjadi tidak seimbang dan akhirnya terjatuh.

PERINGATAN

1 Timoteus 4:1 "Pada waktu-waktu kemudian, ada orang yang akan murtad lalu mengikuti roh-roh penyesat dan ajaran setan-setan." Jika saudara menyimpang dari pusat pengajaran Yesus, maka saudara akan segera mengikuti ajaran-ajaran fanatik setan.

Beberapa Agama cenderung untuk menghasilkan orang-orang yang fanatik. Seorang pemimpin Islam menciptakan suatu kerugian yang mendunia dalam kaitannya dengan kepercayaannya yang bersifat ekstrim. Islam menaklukkan Mesir dan terus sampai menguasai Perpustakaan Alexandria yang besar yang di dalamnya terdapat 700,000 volume buku. Omar, seorang pemimpin Islam berkata "Apakah buku ini sesuai kepada QURAN atau tidak. Jika buku-buku ini sesuai dengan Quran, mereka tidak diperlukan. Jika buku-uku ini tidak sesuai dengan Quran, maka pasti buku-buku berbahaya. Oleh karena itu musnahkan saja buku-buku ini. Begitulah semua ke 700,000 volume naskah atau buku-buku yang nilainya tidak dapat digantikan itu dimusnahkan untuk selamanaya.

Pendeta harus seimbang. Yeremia

3:15

berkata "Aku akan mengangkat bagimu gembala-gembala yang sesuai dengan hati-Ku, mereka akan menggembalakan kamu dengan pengetahuan dan pengertian" Rekan-rekan pendeta kita tidak memerlukan Injil sosial (social gospel), kita tidak memerlukan khotbah tentang hal-hal duniawi: Kita perlu untuk mengkhotbahkan khotbah-khotbah yang akan membantu agar gereja kita tetap berada pada jalan yang sempit. Dan jalan yang sempit itu ialah Yesus Kristus, dan itu sajalah jalan yang akan memimpin gereja ini kepada hidup yang kekal.

Pendeta perlu untuk mengkotbahkan Yesus dalam keindahanNya yang lengkap dan seimbang, dengan pengetahuan benar dan pemahaman benar. Kita seharusnya menjadikan Kristus sebagai pusat. Sekali lagi yang menjadi pusat dalam khotbah-khotbah kita haruslah Yesus.

Saudara pembaca yang saya kasihi di dalam Kristus, tujuan saya dalam mempersiapkan artikel rohani ini ialah untuk menjadikan Kristus ada dalam diri kita masing-masing. Agar Kristus sajalah yang bersinar dari dalam diri kita; agar Kristus berada di depan, di dalam, di belakang, di bawah, dan di atas kita masing-masing. Agar Kristus berada pada tangan kanan, pada tangan kiri; Di di dalam hati, dan agar Kristus sajalah yang menjadi Juru Selamat saudara dan saya. Secara pribadi saya bertujuan agar Kristus berada di dalam rumah ku, didalam mobilku, dan di dalam tempat aku bekerja.

Kristus berada di dalam hati kita masing-masing yang rindu untuk masuk dalam kerajaan Surga. Kristuslah yang ada di dalam mulutku saat aku berbicara, Kristuslah yang ada dalam mata sehingga kita dapat melihat seperti Kristus melihat. Singkatnya, saya rindu agar Kristuslah segalanya, bagi masing-masing kita! Kristus yang menjadi pusat dari setiap khotbah.

Saudara pembaca, rute perjalanan ke surga sangat sempit, dan kita harus menjalaninya langsung, tanpa membelok ke kiri dan ke kanan. Bilamana kita membelok ke kiri dan bersikap liberal itu akan membuat kita menjadi hilang. Bilamana kita membelok kanan dan menjadi orang yang fanatik serta bersikap ekstrim, maka itu berarti surga bukan lagi menjadi tujuan kita.
Kita perlu untuk menjadi orang Kristen yang teguh dan bukan menjadi orang Kristen yang mengambil posisi kiri, atau posisi kanan. Tetapi kita harus menjadi orang Kristen yang seimbang yang selalu memusatkan perhatian kita kepada Kristus, sebab hanya DIA sajalah jalan yang akan membawa kita kedalam kehidupan yang kekal.

This entry was posted on Sabtu, 02 Agustus 2008 at 18.24 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the comments feed .

0 komentar

Posting Komentar